10 Manfaat puasa bagi kesehatan, bisa turunkan berat pranata dan detoksifikasi tubuh

May 1, 2021 by No Comments

KONTAN. CO. ID – Manfaat puasa Ramadan untuk kesehatan tubuh telah menjelma topik yang diteliti & dibahas oleh sejumlah ahli.  

Puasa ataupun menahan makan, minum, dan hawa nafsu jamak dikerjakan sebagai tuntutan agama maupun budaya tertentu.   Lupa satu puasa yang memutar umum adalah puasa Ramadan.  

Lantas, apa saja kebaikan puasa Ramadan bagi kesehatan tubuh?  

10 Manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan

Dirangkum dari laman formal Kementerian Kesehatan dan Healthline, berikut 10 manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan:  

1. Detoksifikasi tubuh

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat juga sengat yang tidak diperlukan tubuh  secara optimal.

Baca Juga:   Protokol ketat, jemaah melakukan sholat Tarawih pertama di besar masjid suci Arab Saudi

2. Membantu regenerasi sel   

Manfaat puasa ramadhan serupa dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Kala menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi atau pembaharuan  dengan baik.  

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Selanjutnya, manfaat puasa Ramadan yakni mampu memperkuat sistem kekebalan awak dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan pulih 10 kali lipat.  

4. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian menemukan, puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang benar berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga mampu mengurangi resistensi insulin.  

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh bisa mengangkut glukosa lantaran aliran darah ke organ dengan lebih efisien.

Tak hanya itu, pertarakan juga dapat membantu menggembala gula darah tetap lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula pembawaan dalam tubuh.

Baca Juga: Imsak pada jam 4: 28 WIB, cermati jadwal Imsakiyah hari ini 13 April 2021

gong2deng –>

Editor: Virdita Ratriani