3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya

September 27, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Gejala kanker jangat biasanya muncul pada bagian kulit yang cukup sering terkena landasan sinar matahari. Jenis kanker ini bisa muncul di kulit besar, wajah, telinga, tangan, dan bermalas-malasan. Anda perlu melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari kanker indra peraba.

Meski kanker kulit biasa berlaku di bagian yang sering terpapar sinar matahari, Mayo Clinic mengatakan kalau kanker ini juga bisa muncul di bagian kulit lain. Misalnya, di telapak tangan atau kira-kira kuku. Kanker kulit memiliki kira-kira tipe dan gejala yang tumbuh pun cukup berbeda.

Dengan mengetahui tipe kanker kulit berikut ini, diharap Kamu menjadi lebih waspada terhadap tanda-tanda yang muncul. Dengan begitu, Kamu bisa melakukan pengobatan dan perawatan lebih cepat dan tepat.

Basal Cell Carcinoma

Basal cell carcinoma terjadi pada daerah kulit yang kerap terpapar sinar matahari, seperti leher atau wajah. Gejala kanker indra peraba yang muncul berupa benjolan, luka, atau koreng yang terus muncul dan sembuh.

Mengucapkan Juga: Bunuh muncul di Korea Selatan naik, kanker tetap jadi penyebab utama janji di 2019

Squamos Cell Carcinoma

Sama seperti basal cell carcinoma, squamos cell carcinoma juga biasa muncul di wilayah kulit yang sering terpapar cahaya matahari, seperti wajah, telinga, serta tangan. Namun, bagi pemilik jangat berwarna gelap, tipe kanker kulit ini bisa muncul di periode yang tak terlalu sering terpapar sinar matahari.

Bentuk kanker indra peraba yang muncul berupa benjolan bagaikan jerawat merah. Selain itu, benjolan dikelilingi oleh kulit kering serta bersisik.

Melanoma

Mayo Clinic mengatakan, melanoma merupakan jenis kanker kulit yang bisa hidup di seluruh bagian tubuh. Petunjuk kanker kulit ini adalah loreng cokelat atau gelap yang luas, tahi lalat yang berubah warna dan ukuran, dan muncul luka berwarna merah, merah muda, putih, atau biru.

Cara Menghindari Munculnya Fakta Kanker Kulit

Gejala kanker indra peraba bisa masih bisa dicegah secara beberapa cara berikut:

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Kebanyakan kanker kulit muncul kelanjutan kulit mendapat paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Untuk mencegahnya, Anda perlu melindungi diri daripada paparan sinar matahari, apalagi sinar matahari di siang hari.

Baca Juga: Kurangi konsumsi 5 bahan minuman dan makanan penyebab kanker usus

  • Memakai Sunscreen

Cara mencegah munculnya gejala kanker kulit yang bisa Anda usahakan adalah dengan selalu menggunakan sunscreen. Pakai sunscreen dengan SPF 30 saat melakukan kegiatan di luar ruangan meski cuaca sedang suram.

Saat Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dalam jangka periode lama, gunakan sunscreen tiap dua jam sekali. Pakai sunscreen dalam seluruh bagian tubuh, termasuk sembiran bibir, telapak tangan, hingga pucuk telinga.

  • Cek Kondisi Indra peraba Secara Rutin

Mayo Clinic menyarankan Anda untuk tetap melakukan cek pada kondisi jangat. Perhatikan apakah ada gejala kanker kulit yang muncul, misalnya tahi lalat atau tanda lain. Jika Anda merasa ada yang berbeda dari kondisi kulit Anda, cepat konsultasikan ke dokter.

gong9deng –>

Editor: Belladina Biananda