4 Cara mengatasi diare yang cukup efektif

October 1, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Diare merupakan salah satu kondisi yang dialami oleh beberapa orang. Agar keadaan tak semakin payah, Anda perlu melakukan cara mengatasi diare. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai sejak minum obat, menggunakan bahan bersahaja, atau mengosumsi jenis makanan tertentu.

Diare biasanya ditandai dengan kram perut, kembung, dan bentuk hajat yang lembek dan encer. Mengutip dari Healthline, infeksi bakteri atau virus, keracunan makanan, dan penerapan antibiotik bisa jadi penyebab munculnya diare.

Biasanya, diare berlangsung selama tak bertambah dari dua minggu. Supaya Kamu bisa sembuh lebih cepat, cobalah untuk melakukan cara mengatasi mencirit dibawah ini.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat diare, menjaga tubuh agar tak dehidrasi merupakan suatu hal yang penting, apalagi bagi anak-anak serta pengampu. Usahakan untuk memberi menelan sedikit cairan secara terus-menerus semasa diare.

Baca Pula: 3 Penyebab kram perut dan cara mengatasinya

Ibu perlu memberikan ASI secara rutin kepada bayi yang mengalami diare. Untuk bani yang lebih dewasa dan karakter tua, bisa mengonsumsi larutan elektrolit. Healthline mengingatkan agar penderita mencirit tak mengonsumsi kopi, soda, dan susu karena bisa memperparah iklim tubuh.

Konsumsi Probiotik

Diare juga bisa diatasi dengan probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang bekerja di saluran pencernaan. Anda bisa mengonsumsi keju, cokelat hitam, tempe, atau yogurt agar probiotik terpenuhi.

Obat Diare

Diare bisa diatasi pula secara minum obat. Mengutip dari Healthline, beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi adalah imodium dan pepto-bismol. Namun, obat tersebut hanya bisa mengatasi gejala diare dengan tak parah.

Jika diare dengan Anda alami lebih parah, periksakan diri ke dokter agar memiliki penanganan yang tepat. Diare biut biasanya terjadi selama lebih lantaran dua minggu dan gejala dengan muncul pun bisa lebih pelik.

Baca Juga: 7 Penyebab diare dengan perlu diwaspadai

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Diare bisa sembuh jika Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan. Tiba dari pisang, nasi, oatmeal, kuah sup, hingga roti. Di sisi lain, hindari gorengan atau makanan berminyak dan makanan berserat luhur, seperti buah dan sayur karena bisa menyebabkan kembung.

gong7deng –>

Editor: Belladina Biananda