4 Langkah turunkan kolesterol tanpa obat

October 30, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel dengan sehat. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memajukan berbagai risiko penyakit kronis, seolah-olah penyakit jantung. Pasalnya, kolestrol luhur bisa memicu penimbunan lemak di pembuluh darah.  

Timbunan tersebut bisa memicu penyumbatan arteri. Kondisi ini bisa menghambat peredaran darah apalagi menyebabkan pembuluh darah pecah. Padahal, pecahnya pembuluh darah bisa menjadikan serangan jantung dan stroke. Untungnya, ada berbagai cara untuk mencegah hal buruk itu terjadi.  

Selain menggunakan obat medis, Ahli kardiologi dari Cleveland Clinic, Leslie Cho, mengatakan ada kira-kira cara alami yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol. Beserta cara tersebut:  

1. Ubah rasam makan 

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menghindari konsumsi lemak tak sehat (lemak jenuh) dengan pilihan lemak yang menyehatkan, yakni lemak tak penuh tunggal dan tak jenuh ganda.  

Baca Juga: Mungil dan masam, ini manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

Itu sebabnya, kita harus membaca label makanan secara teliti sebelum mengonsumsinya. “Kita kudu membatasi asupan lemak jenuh. Tanpa mengonsumsinya lebih dari 2 gram per porsi dan itu kudu mencakup kurang dari 7 obat jerih dari asupan kalori harian, ” ucap Cho Lemak jenuh memutar sering ditemukan dalam minyak sawit dan minyak kelapa, serta produk hewani seperti daging sapi, babi, dan kulit ayam.  

2. Menggalakkan konsumsi serat 

Cho merekomendasikankitaagar mengonsumsi 25 hingga 35 gram serat setiap hari. Pasalnya, serat mengikat kolesterol dan membantu menghilangkannya dari tubuh. Untuk meningkatkan asupan serat, kita bisa lebih penuh mengonsumsi kacang-kacangan, lentil, sayuran & buah-buahan.  

Mengaji Juga: Terbukti secara ilmiah, inilah khasiat daun kelor untuk kesehatan

Tak hanya menurunkan kolesterol, penggunaan cukuo serat juga mengurangi efek berbagai penyakit, mencegah sembelit serta membuat kita kenyang lebih lama.  

gong2deng –>

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie