5 Cara menghilangkan kutu rambut, mampu pakai bahan alami

October 7, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Munculnya kutu bulu membuat kepala gatal sehingga menghalangi kegiatan sehari-hari. Cara menghilangkan kutu rambut berikut patut Anda coba untuk mengatasi masalah itu. Tersedia banyak hal yang bisa Kamu lakukan. Mulai dari menggunakan obat yang diresepkan dokter hingga pakai bahan alami.

Wet-Combing

Mengutip dari Healthline, wet-combing bisa membersihkan kutu dengan cara menyisir rambut saat lepek. Dengan cara ini, kutu semakin terlihat sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Alat dan bahan dengan Anda perlukan adalah kondisioner serta sisir kutu.

Setelah membasahi rambut, gunakan kondisioner di seluruh helai rambut. Kemudian sisir rambut menggunakan sisir kutu yang telah Anda sediakan. Kalau diperlukan, Anda bisa memakai kaca pembesar agar kutu semakin terlihat jelas.

Essential Oil

Cara menghilangkan kutu rambut efektif lainnya adalah menggunakan essential oil. Namun, tidak seluruh essential oil ramah untuk jangat seseorang.

Sebelum menggunakan essential oil untuk membersihkan kutu rambut, jika essential oil di bagian indra peraba lain. Jika tidak ada perangsangan apa pun, maka essential oil aman untuk digunakan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut dari sasaran alami

Prima, campurkan 2 ons olive oil dengan 15 hingga 20 tetes essential oil pilihan Anda. Sesudah itu, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan minimal 12 jam. Selanjutnya, sisir rambut menggunakan susur kutu lalu bersihkan dengan sampo. Anda perlu mengulangi langkah-langkah itu sampai kutu hilang.

Pakai Blow Dryer

Menggunakan uap panas adalah satu diantara cara efektif untuk membersihkan telur kutu. Health mengatakan, blow dryer mampu menghilangkan hampir 98% telur kutu dan membersihkan 55% kutu. Anda bisa menggunakan pengering bulu tersembut setelah mencuci rambut menggunakan sampo.

Coba Petroleum Jelly

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya juga bisa menggunakan petroleum jelly. Belum penuh penelitian yang membuktikan hal itu, tapi tidak ada salahnya buat dicoba, kan?

Membaca Juga: Cara menghilangkan uban secara alami saat leler masih mudah

Pertama, aplikasikan petroleum jelly pada rambut dan kulit kepala. Sesudah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan selama semalam. Di pagi hari, cuci rambut dan sisir menggunakan sisir kutu. Anda bisa melakukan cara ini lagi setelah satu minggu.

Bersihkan Barang-Barang

Membersihkan barang-barang yang memiliki sangat mungkin terkena kutu merupakan hal istimewa lain yang perlu dilakukan. Tujuannya agar kutu tak kembali merebak. Beberapa jenis barang yang harus segera dibersihkan adalah topi ataupun penutup kepala lainnya, sarung landasan, sisir, dan barang yang lain.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda