Amazing! Kacang hijau bisa mengobati barah hingga darah tinggi

June 10, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  Kacang hijau menyimpan banyak kebaikan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, kacang hijau bisa jadi obat untuk beberapa penyakit.

Tidak seperti sayur lain, semakin lama direbus, khasiatnya akan berkurang. Kacang muda justru tidak terpengaruh oleh radang.  

Tidak hanya lezat rasanya, khasiatnya pun beragam. Salah satunya adalah meningkatkan gairah seksual. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral.  

Baca Juga: Menakjubkan! Berikut manfaat serai buat kesehatan tubuh

Kelebihan kacang hijau adalah kecambahnya (tauge) mengandung vitamin E dengan tidak ditemukan pada kacang desa dan kedelai. Pemanfaatan tauge jadi bahan makanan telah dikenal umum di Indonesia.  

Selain bijinya, daun kacang hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran.  

Tahan Panas 

Menurut Ir I. G. A. Selaput Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, perut gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara asing, 345 kalori, 22, 2 rencana protein, 1, 2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1, 157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan.  

Ternyata, selain mengandung bervariasi vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kacang hijau juga mampu membantu menyembuhkan penyakit.  

Bermacam-macam penyakit maupun gangguan yang bisa diatasi dengan mengasup kacang muda antara lain beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah agung, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan lain-lain.  

Selain itu, kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut hasil studi, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya.  

Hebatnya sedang, biar direbus lama, sampai terleka, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan sasaran ramuan tradisional lainnya yang masa direbus terlalu lama, akan menyandarkan khasiat pengobatannya.

Aneka ramuan kacang hijau 

Tersedia banyak macam penyakit yang mampu dibantu penyembuhannya dengan mengasup kacang hijau. Berikut ini beberapa ramuan kacang hijau yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.  

Dari berbagai sumber ramuan-ramuan tersebut diambil, salah satunya dari Drs. Didik Gunawan, Apt. S. U., dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.  

Peluruh kencing

  • 30 gram kacang hijau
  • 30 gram daun sendok 
  • 400 cc air 
  • madu secukupnya 

Cara Membuat: Menggodok kacang hijau dengan daun gayung dalam air 400 cc. Masaklah ramuan dalam periuk tanah datang matang. Sesudah dingin, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak gelagapan lagi.  

Sakit perut 

  • 60 rencana kacang hijau mentah
  • 15 biji merica 
  • 3 gram kayu manis 
  • 3 gram pala
  • 3 gram kapulaga
  • 3 gram cengkeh 
  • 2 buku jahe 
  • 1 liter air 

Cara Membuat: Rebus kacang hijau, merica, kayu manis, pala, kapulaga, cengkih, dan dua ruas jahe dengan satu liter air. Panaskan sampai larutan menjadi 1/2 liter. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut.  

gong2deng –>

Editor: Tri Sulistiowati