Apakah sudah boleh berenang di bak renang umum? Ya jawab tabib Reisa

June 29, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyebut, masyarakat yang mau berenang pada masa kenormalan gres atau new normal sudah boleh.

“Yang ditunggu dan sudah banyak ditanya oleh orang, apakah kita sudah boleh menggunakan kolam renang? Sungguh, ” kata Reisa di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (28/6/2020).

Meski demikian, ada protokol kesehatan yang kudu dipatuhi baik oleh pengelola maupun pengunjung kolam renang. Pertama, manajer kolam renang harus memastikan bahwa kolam renang mengandung disinfektan klorin dengan kadar 1-10 ppm atau bromin dengan kadar 3-8 ppm.

“Sehingga, pH air mencapai tujuh, 2 sampai 8. Dan setiap hari hasilnya harus disampaikan dalam papan informasi agar semua pengguna tahu, ” kata dia.

Baca Juga: Berencana pergi ke salon saat pandemi Covid-19? Ini saran sinse Reisa

Ke-2, pengelola harus memastikan bahwa penghapusan dan disinfeksi kawasan, baik di permukaan maupun area di sekitar kolam renang dilakukan secara rutin.

“Ketiga, jumlah pengguna kolam renang harus dibatasi agar bisa menerapkan jaga jarak, baik di dalam kolam renang. Dan menerapkan bangun jarak terutama di ruang gantinya, ” ujarnya.

Berikutnya, pastikan setiap tamu yang datang dalam suasana yang sehat. Setiap pengunjung tetap mengisi form self assessment risiko Covid-19 dan membawa perlengkapan pribadi masing-masing, termasuk handuk. “Lalu, gunakan kedok, sebelum dan setelah berenang, ” tutup Reisa. (Dani Prabowo)

Tulisan ini telah tayang di Petunjuk. com dengan judul “New Wajar, Pemerintah Sebut Berenang Sudah Boleh”,

 

gong2deng –>

Editor: Yudho Winarto