Awas, anak-anak rawan sebarkan virus corona

September 9, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. IDENTIFICATION – JAKARTA.   Wujud banyak penelitian terkait Virus Corona yang terus dilakukan hingga akhir-akhir ini. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Children’s National Hospital.

Melansir DNA Indian, penelitian itu dilakukan untuk melihat berapa waktu yang dibutuhkan agar Virus Corona. Selain itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui kapan antibodi terbentuk.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Diary of Pediatrics menunjukkan, Virus Corona dan antibodi dapat hidup berdampingan pada pasien muda.

Burak Bahar, MD, Direktur Laboratory Informatics di Children’s National mengatakan, biasanya virus tak terdeteksi lagi saat antibodi ditemukan. Namun, dalam kasus Covid-19, kedua hal itu bisa dilihat bersamaan. Artinya, anak-anak masih berpotensi menyebarkan Virus Corona meski mempunyai antibodi.

Baca Juga: Corona lampaui 200. 000, epidemiolog: Ubah strategi / hal terburuk bisa terjadi

Bahar menambahkan, fase penelitian berikutnya akan menguji apakah virus yang berdampingan dengan antibodi bisa disebarkan ke orang lain atau tidak. Hal lain yg belum bisa diketahui adalah kondisi antibodi yang terbentuk.

Para peneliti belum bisa menentukan apakah antibodi berkaitan dengan sistem imun atau tidak. Selain itu, para peneliti juga berusaha mengetahui bagaimana efektivitas antibodi dalam menjaga tubuh dri infeksi Virus Corona lagi (reinfection).

Mengutip dari DNA India, penelitian tersebut juga menakar waktu pembersihan virus dan respons imunologi. Hasilnya, waktu virus positif menuju negatif hingga virus tak lagi bisa terdeteksi adalah 25 hari.

Baca Juga: Hati-hati! Klaster keluarga Covid-19 terus bermunculan

Waktu kemunculan antibodi dalam darah adalah 18 hari. Sedangkan waktu menetralkan antibodi adalah 36 hari. Menetralkan antibodi adalah penting karena bisa menjaga seseorang dari serangan infeksi Virus Corona lagi.

Karena Vaksin Virus Corona belum ditemukan, protokol kesehatan Covid-19 harus selalu diterapkan. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang tak perlu. Jika memang harus berada di luar rumah, jangan lupa untuk jaga jarak, menggunakan masker, dan sering cuci tangan.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda