Awas, ini masalah kesehatan bila berat badan turun terlalu cepat

August 16, 2020 by No Comments

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat memang terasa menyenangkan. Tapi, tahukah Anda jika hal tersebut juga bisa membahayakan kesehatan? 

Banyak riset membuktikan berat badan yang turut secara perlahan memiliki risiko kesehatan yang lebih sedikit. Sebaliknya, berat badan yang turun terlalu cepat bisa meningkatkan berbagai risiko masalah kesehatan. 

Baca Juga: Kasus corona di Gunungkidul 25 positif dalam sehari, 19 di antaranya pegawai Dinkes

Melansir Healthline, pola makan yang menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat biasanya rendah kalori dan nutrisi. Hal inilah yang bisa membuat kita berisiko mengalami banyak masalah kesehatan. 

Berikut gangguan kesehatan yang mengintai saat berat badan turun terlalu cepat: 
1. Hilangnya massa otot 
Berat badan yang turun bukan berarti jumlah lemak di tubuh juga turun. Hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan massa otot, apalagi jika berat badan turun terlalu cepat. Padahal, massa otot yang rendah mempercepat hilangnya otot terkait usia dan mengurangi kemampuan fisik. 

Kondisi ini juga meningkatkan risiko cedera dan kecacatan. Massa otot yang terlalu rendah juga bisa meningkatkan risiko osteoporosis, kematian dini, diabetes, dan sindrom metabolik. 

2. Tingkat metabolisme menurun 
Berat badan yang turun terlalu cepat juga bisa memperlambat tingkat metabolisme. Padahal, laju metabolisme turut menentukan berapa banyak kalori yang kita bakar setiap harinya. Tingkat metabolisme yang rendah membuat tubuh membakar kalori lebih sedikit. 

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Hal ini justru membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak dan membuat kita rentan mengalami berbagai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Editor: Tendi Mahadi