Catat, inilah hand sanitizer berbahaya yang sudah ditarik FDA

July 31, 2020 by No Comments

Tanpa sembarangan menggunakan produk pembersih tangan atau hand sanitizer. Karena, Badan Obat dan Makanan Amerika Konsorsium (FDA) menemukan sejumlah produk hand sanitizer berbahaya, mengandung metanol dengan bisa meracuni orang melalui jangat.

Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memperluas daftar produk pembersih tangan atau hand sanitizer berbahaya dan berpotensi membekukan. Melansir CNN, Selasa (28/7/2020), FDA memperingatkan perusahaan yang berbasis dalam Meksiko terkait penjualan produk dengan mengandung metanol, bentuk alkohol kritis yang dapat meracuni orang meniti kulit.

Banyak perusahaan terakhir telah menjual produk hand sanitizer karena meningkatnya permintaan yang dipicu oleh ketakutan virus corona. Tetapi, FDA mengatakan bahwa banyak kongsi menggunakan alkohol yang tidak tenteram dalam produk mereka dan memperingatkan orang-orang untuk tidak memakainya.

Baca juga:   Kisaran harga vaksin Covid-19 Rp 581. 000, ini perbandingannya secara vaksin lainnya

“Kegagalan produsen untuk segera menarik balik semua produk yang berpotensi tersentuh dampak menempatkan konsumen dalam bala keracunan metanol, ” kata FDA dalam sebuah pernyataan, Senin (27/7/2020).

Komisaris FDA Dr Stephen Hahn menyampaikan, konsumen diminta untuk waspada terhadap hand sanitizer yang dimanfaatkan. “Konsumen juga harus waspada secara pembersih tangan mana yang mereka gunakan, dan untuk kesehatan serta keselamatan, kami mendesak konsumen untuk segera berhenti menggunakan semua pembersih tangan dalam daftar produk pembersih tangan berbahaya FDA, ” ujar dia.

Ia menambahkan, FDA betul khawatir mengenai risiko serius sebab hand sanitizer berbasis alkohol dengan mengandung metanol. “Memproduksi, mengimpor, & mendistribusikan pembersih tangan beracun merupakan ancaman serius bagi masyarakat serta tidak akan ditoleransi, ” tutur dia.

Lebih lanjut, FDA akan mengambil tindakan tambahan seperlunya & akan terus memberikan informasi terbaru mengenai masalah hand sanitizer kritis untuk kesehatan dan keselamatan konsumen.

gong2deng –>

Editor: Unggul Wikanto