Daun jambu biji, obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan aib lainnya

July 9, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Sebagian orang lebih memilih menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya. Daun jambu biji, salah kepala obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol dan beberapa penyakit yang lain.  

Sudah bukan hal segar bila daun jambu biji tercatat dalam golongan obat herbal. Pokok, daun jambu biji banyak dimanfaatkan dalam pengobatan kuno untuk menyembuhkan berbagai penyakit.    

Baca Juga: Seledri, obat herbal yang ampuh menyandarkan tekanan darah tinggi

Daun jambu biji makmur akan antioksidan, zat antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang memang ternama memiliki efek penyembuhan.  

Sama dengan buahnya, daun jambu nilai juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, misalnya diseduh seperti teh atau dibuat jamu godok.  

Apa saja sih khasiat daun jambu biji untuk kesehatan? Berikut manfaat daun jambu biji jadi obat herbal.  

Kolesterol tinggi 

Bila Kamu rutin mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Begitu menurut penelitian tahun 2010.  

Mengonsumsi buahnya juga memiliki kesaktian yang serupa karena kandungan lemaknya sangat rendah.  

Diabetes 

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membuatnya oleh sebab itu buah yang ramah bagi penderita diabetes melitus karena ia melambatkan penyerapan gula dalam darah.  

Sementara itu, ekstrak daun jambu biji terbukti bisa mencegah diabetes. Teh daun jambu biji pula sudah dipasarkan untuk membantu menghalangi diabetes.  

Diare 

Meminum air teh daun jambu biji atau mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk kapsul bisa jadi obat diare.  

Penelitian tarikh 2008 yang dilakukan pada zirnikh di laboratorium menunjukkan ekstrak daun jambu biji terbukti memang mempunyai kandungan antidiare.  

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun ini mampu menunda terjadinya diare, menekan frekuensi buang air besar, serta juga mengurangi keparahan diare.  

Obesitas 

Buah jambu biji memang kaya macet dan memiliki indeks glikemik dengan rendah sehingga cocok dikonsumsi sebab mereka yang sedang berdiet atau dibuat menjadi suplemen.  

Namun ternyata daun jambu biji mempunyai manfaat yang hampir sama. Perut dalam daun jambu biji menghambat pati kompleks diubah menjadi gula.  

Dalam tubuh gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini dengan menyebabkan kenaikan berat badan. Zona, proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu nilai.  

Kanker lambung 

Ekstrak daun jambu nilai memiliki kandungan antikanker dan antitumor, misalnya likopen, quercetin dan vitamin C yang akan bekerja sebagai antioksidan dan menetralisir radikal terbuka dalam tubuh.  

Penelitian tarikh 2011 menunjukkan, saat ekstrak daun jambu biji rutin dikonsumsi ternyata bisa memicu sel kanker lambung menyerang dirinya sendiri.  

Kanker prostat 

Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker oral. Likopen berlaku dengan menghambat produksi androgen, hormon pria yang bisa memicu kemajuan sel pada beberapa jenis kanker prostat. (Lusia Kus Anna) 

Baca Juga: Tidak ingin asam urat kambuh lagi, begini cara mengontrol nilai purin dalam tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan titel “Manfaat Daun Jambu Biji, Atasi Diare Sampai Kanker”,  

gong2deng –>

Editor: Tri Sulistiowati