Daun kersen bermanfaat sebagai obat herbal asam urat, benarkah?

November 13, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Asam urat naik sedang? Daun kersen dipercaya efektif mengobati asam urat.  

Asam urat, salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menggunakan siapa saja, laki-laki atau rani.  

Mengambil dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat berangkat menyerang seseorang saat menginjak leler 30 tahun.  

Baca Juga: Minuman rebusan daun sirih merah efektif mengobati diabetes

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam serat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi.  

Hal ini menerbitkan seseorang merasa nyeri sendi pada bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di arah jempol kaki.  

Penderita tentu merasa tidak nyaman dan suram beraktivitas saat asam urat bangkit.  

Asal tahu saja, aib asam urat dipicu oleh sebesar faktor salah satunya adalah menggunakan makanan mengandung purin tinggi dengan berlebihan.  

Mengutip dari kedudukan Kompas. com, beberapa jenis sasaran yang mengandung purin tinggi ialah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi.  

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam serat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Daun kersen obat herbal asam jalur

Tidak sedikit karakter yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menumpas penyakit yang dideritanya. Tidak heran, obat herbal dipercaya aman dikonsumsi dan minim buntut samping.

Mengutip dari Pharmacy Medical Journal Vol, 1 No. satu, 2018, Daun kersen sebagai pilihan terapi pada penderita gout artritis, daun kersen mengandung flavanoid, tanning, trierpene, saponin, dan polifenol.

Senyawa Flavanoid dalam daun kersen bermanfaat untuk menurunkan kadar asam jalur dengan cara menghambat enzim xantin oksidase.  

Tidak hanya itu, daun kersen memiliki sifat antiinflamasi alias anti peradangan yang mampu menghambat terjadinya peradangan di persendian sehingga mampu mengurangi rasa sakit.  

Hal inilah yang menghasilkan daun kersen dipercaya efektif menumpas penyakit asam urat.

Sekedar kabar, efektivitas daun kersen sebagai obat herbal asam urat sudah pernah dibuktikan melalui sebuah penelitian dengan dilakukan oleh Sulistyowati dan Sunarni serta Pramono dan Asmah.  

Hasil penelitian menyebutkan ekstrak daun kersen bisa menurunkan kadar masam urat pada tikus.

Mengutip lantaran Tribun-Timur. com, seorang pensiunan bernama Muhammad Gatot telah membuktikan efektivitas daun kersen sebagai obat masam urat.  

Gatot menjelaskan era asam urat naik, dia merebus daun kersen muda 10 eksemplar dengan dua kelas air.  

Gatot merebus daun kersen bujang selama 45 menit atau datang menyisahkan segelas air. Gatot meminum air rebusan daun kersen itu secara rutin.  

Untuk menghalangi asam urat kambuh lagi, Gatot mengonsumsi buah kersen secara rutin.  

Bagaimana Anda berminat buat mencoba obat herbal berbahan daun kersen ini?  

Ada baiknya Anda konsultasikan dulu dengan tabib sebelum mengonsumsi air rebusan daun kersen untuk mengobati penyakit asam urat.

Baca Serupa: Wow! Minum tiruan bisa meningkatkan daya taha awak loh

 

gong2deng –>

Editor: Tri Sulistiowati