Ingin punya berat badan ideal? Jintan hitam berkhasiat untuk menurunkan berat badan

September 8, 2020 by No Comments

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Jintan hitam bisa membantu Anda mendapatkan berat tubuh ideal.  

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan banyak orang. Untuk mendapatkannya, butuh komitmen tinggi dalam menjalani diet dan olahraga.

Namun, banyak yang justru mencari jalan pintas untuk mendapatkan tubuh ideal. Jalan pintas itu misalnya, mulai dari mengonsumsi teh pelangsing hingga suplemen khusus. 

Baca Juga: Asam lambung naik? Makan mentimun bisa meredakan asam lambung Anda

Kini, ada yang meyakini minyak jintan hitam atau habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara cepat.

Benarkah demikian? Apa kata ahli tentang hal ini? 

Minyak jintan hitam terbuat dari biji jintan yang juga dikenal sebagai biji Nigella. 

Jintan hitam justru lebih umum dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi miyak daripada dikonsumsi dalam bentuk biji itu sendiri. 

Namun, keduanya memiliki beberapa manfaat. Biji jintan hitam terasa agak pahit, tetapi jika diolah dalam bentuk minyak akan memiliki rasa pedas sehingga banyak orang yang lebih menyukainya. 

Kata ahli 

Menurut ahli diet Allie Gregg, biji Nigella memiliki banyak kegunaan farmasi. 

Biji jintan hitam telah digunakan di Asia Tenggara, Timur Tengah dan Timur sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. 

Selain itu, jintan hitam juga memiliki manfaat anti-mikroba, antioksidan, anti-inflamasi, antitumor, dan anti- efek obesitas serta bermanfaat bagi kesehatan pernapasan. 

Namun, manfaat minyak jintan hitam sebagai suplemen penurun berat badan menjadi fokus perhatian akhir-akhir ini. Beberapa penelitian menunjukkan, minyak jintan hitam dapat membantu mengendalikan produksi insulin dan mengelola kadar insulin. 

Riset yang dirilis Journal of Endocrinology & Metabolism menemukan, minyak jintan hitam menyebabkan regenerasi parsial sel beta pankreas secara bertahap. 

Selain itu, minyak jintan hitam meningkatkan konsentrasi insulin serum yang lebih rendah, dan menurunkan kadar glukosa serum yang meningkat. 

Kontrol glukosa yang tepat dapat mengurangi nafsu makanan dan membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, minyak jintan hitam juga dapat menurunkan peradangan. 
Antioksidan yang disebut thymoquinone dalam minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan dalam tubuh. 

Hanya sedikit riset yang meneliti khasiat minyak jintan hitam dalam menurunkan berat badan. Akan tetapi, karena menjadi lebih populer, penelitian lanjutannya sedang berlangsung. 

Sementara itu, laporan International Journal of Preventive Medicine, menyebutkan, orang yang menggunakan minyak jintan hitam dan melakukan latihan aerobik menunjukkan hasil penurunan berat badan yang lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsinya. 

Sebuah studi tahun 2018 dalam Journal of Ethnopharmacology mengamati hasil dari 11 uji klinis terkontrol plasebo. Temuan mengungkapkan, minyak jintan hitam dapat mengurangi berat badan. 

Orang yang mengonsumsi minyak jintan hitam pun mengalami pengurangan indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang. 

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes and Metabolic Disorders telah melakukan tinjauan sistemik literatur medis untuk menemukan tanaman yang memiliki sifat anti-obesitas terbesar. 

Para peneliti menemukan, minyak biji jintan hitam adalah salah satu solusi penurunan berat badan alami paling efektif yang saat ini dikenal. 

Minyak jintan hitam tersedia dalam bentuk minyak, suplemen gel lembut, atau suplemen cair. Seperti kebanyakan suplemen, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) tidak mengatur produksi minyak jintan hitam. 

Semua itu diserahkan kepada pabrikan untuk memenuhi semua persyaratan keselamatan. FDA kemudian dapat mengatur produk jika kemudian ditemukan ada produk yang tidak sesuai klaim pabrik atau tidak memenuhi standar keselamatan. 

Singkatnya, Anda tidak bisa tahu apakah Anda mendapatkan minyak jintan hitam asli kecuali membeli produk dengan merek yang telah memiliki reputasi baik. 
Oleh karena itu, sebaiknya cari produk yang sudah teruji untuk memverifikasi potensinya. FDA juga tidak memiliki dosis harian yang direkomendasikan atau dosis yang disarankan. 

Untuk hasil terbaik, mulailah dengan dosis kecil dan tingkatkan sesuai keinginan Anda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara rutin. 

Bagi mereka yang mengonsumsi obat dokter, beberapa bahan aktif dalam minyak jintan hitam dapat mengganggu khasiat obat yang tengah dikonsumsi. 

Dokter medis Nikola Djordjevic mengatakan, meskipun riset tentang khasiat minyak jintan hitam untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan sampel kecil, tidak salah jika ingin mencobanya karena khasiatnya yang tinggi. 

“Tentunya, ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi jika Anda ingin menurunkan berat badan dan memiliki gaya hidup sehat, pikirkan tentang mengubah diet keseluruhan Anda terlebih dahulu,” kata dia.(Ariska Pupita Anggraini) 

Baca Juga: Ini buah yang aman dikonsumsi para penderita diabetes

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kabar Gembira, Minyak Jintan Hitam Bantu Turunkan Berat Badan”

Editor: Tri Sulistiowati