Ini cara pencegahan penularan Covid-19 di perkantoran dan tempat kerja

November 23, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Aktivitas masyarakat saat ini biar dapat berpotensi menimbulkan risiko transmisi baru, tak terkecuali di perkantoran maupun di tempat kerja lain.

Sehingga, pemerintah telah memperketat protokol kesehatan di mana pun buat menekan jumlah penyebaran Covid-19. Adapun hingga saat ini berbagai aturan kantor juga semakin diperketat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, apabila dalam perkantoran harus menyambut tamu dari luar atau biar orang yang akan berkunjung ke kantor, tamu maupun kantor langgeng harus mengikuti protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, mencuci lengah dan menjaga jarak.

Adapun menurutnya apabila kantor memiliki kebijakan tertentu untuk lebih merasa aman maka akan sangat memungkinkan untuk melayani test swab atau tamu yang berkunjung wajib membawa keterangan test Covid-19.

“Yang terpenting segala sesuatunya tetap harus mematuhi protokol kesehatan, ” jelas Wiku saat dihubungi Kontan. co. id, Minggu (22/11).

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (22/11): Tambah 4. 360 urusan, jangan lupa cuci tangan

Wiku juga mengucapkan, meski dalam sebuah perkantoran diperlukan adanya rapat bersama client tertentu maka ia menganjurkan agar kerap bisa dilakukan secara virtual. Sehingga segala kontak maupun yang berpotensi kumpul-kumpul dapat dihindari.

“Sebisa agak-agak kita bisa hindari  kontak/berkumpul. Saat ini juga bisa melakukan meeting virtual . Kalau harus rapat, diusahakan dalam ruangan dengan maksimal hanya terisi 50%, & waktunya tidak lebih dari dua jam, ” tandasnya.

Dengan begitu, potensi penyebaran Covid-19 juga sanggup teratasi. Ia juga mengatakan bahwa kantor beserta karyawan perlu menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penasihat Kebapeanan Internasional dan Antar Institusi Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Syarif Hidayat menjelaskan dalam area perkantoran Kemenkeu, tamu yang berkunjung diwajibkan harus membawa bukti hasil rapid test.

“Kita di Kementerian Keuangan tersedia aturan sesuai dengan protokol kesehatan tubuh Covid-19 terutama untuk tamu juga yang berkunjung ke kantor kita perlu membawa hasil rapid test, ” kata Syarif.

Adapun, pada kantor Bea dan Cukai pihaknya juga telah menyediakan pengecekan temperature suhu badan serta petugas yang bertugas memakai masker standard kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

gong2deng –>

Editor: Yudho Winarto