Inilah kadar kolesterol dalam darah yang pas bagi tubuh sehat

August 19, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – Jakarta. Kolesterol menjadi zat menakutkan bagi banyak orang karena dianggap bisa memicu penyakit berbahaya termasuk serangan jantung. Sebenarnya, kadar kolesterol dalam darah dalam jumlah tepat, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh dengan beragam fungsi. Kadar kolesterol dalam darah harus berada dalam jumlah normal agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya.

Baca juga:   Terlaris pada Juli, harga mobil bekas Fortuner cukup murah mulai Rp 110 juta 

Beberapa manfaat kolesterol bagi tubuh, yakni:

  • Membantu membuat hormon seks
  • Memproduksi hormon korteks adrenalin
  • Membantu memproduksi vitamin D
  • Membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak
  • Pelindung sel
  • Menjaga fungsi otak

Jadi, apabila takarannya pas atau normal, kolesterol adalah lemak yang berperan penting dalam tubuh. Namun, jika terlalu banyak, kolesterol dalam aliran darah bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Kelebihan kolesterol akan menyebabkan zat tersebut bereaksi dengan zat-zat lain dalam tubuh dan akan mengendap dalam pembuluh darah arteri. Pada gilirannya, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah hingga penyumbatan dan pemblokiran aliran darah (arterosklerosis).

Jika suplai darah ke jantung sampai berkurang, sakit atau nyeri dada pun dapat terjadi dan bisa menjurus ke serangan jantung. Selain penyakit jantung, tingkat kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke dan buruknya sirkulasi darah.

Jadi, berapa kadar kolesterol normal dalam darah? Melansir laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, kadar kolesterol normal yang baik adalah 200 mg/dL untuk orang dewasa.

Sementara, kadar kolesterol total (gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida) yang mencapai angka 200-239 mg/dL masuk kategori agak tinggi. Sedangkan, kadar kolesterol yang mencapai angka > 249 mg/dL dapat dikatakan kolesterol tinggi.

National Institute of Health (NIH) Amerika Serikat (AS) juga menganjurkan angka-angka serupa. Kadar kolesterol darah yang diinginkan, yakni 200 mg/dL atau kurang. Sementara, kadar kolesterol darah sedang atau ambang batas tinggi (borderline high) adalah 200-239 mg/dL. Sedangkan kadar kolesterol tinggi, yakni lebih dari 240 mg/dL.

Angka-angka dari NIH ini diketahui telah digunakan sebagai acuan di berbagai instansi kesehatan di banyak negara. NIH juga menyimpulkan telah cukup bukti bahwa menurunkan angka kolesterol total dan LDL dengan diet, olahraga, atau obat bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner (PJK).

gong2deng –>

Editor: Adi Wikanto