Jujur Anda lakukan, ini enam tips mencegah bau congkak saat menjalankan puasa

April 22, 2021 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  Perkara bau mulut menjadi situasi yang sering terjadi masa menjalankan puasa. Simak tips mencegah bau mulut masa menjalankan puasa 

Mulut yang tidak segar tetap membuat banyak orang tertahan.   Bau mulut dengan tidak sedap sering menyusun orang minder.

Ada banyak jalan mencegah bau mulut yang berlebihan seperti menggunakan mouth refreshener . Namun, saat berpuasa, kira-kira Anda tidak berani memakai  mouth refreshener karena akan meniadakan puasa.  

Institut Pertanian Bogor atau IPB memberikan informasi tentang tips mencegah bau mulut era puasa yang mudah Kamu terapkan.  

Berasal dari tayangan di YouTube IPB, penyebab bau nyinyir adalah gangguan pada gigi dan mulut atau usikan pada pencernaan. Gangguan pencernaan seperti asam lambung mampu menyebabkan mulut mengeluarkan bau tidak sedap.  

Tapi saat berpuasa, bau mulut bisa terjadi karena sebab lain. Kepala Unit Kesehatan IPB  Titik Nurhayati  menjelaskan, berkurangnya produksi air liur pada mulut dengan menimbulkan masalah bau nyinyir kala puasa.  

Saat berpuasa, produksi air liur berkurang karena kita tidak mengunyah makanan selama kurang lebih 14 tanda.

Produksi air iler yang berkurang menyebabkan bakteri pada mulut menjadi lebih banyak. Bakteri inilah yang membuat bau mulut menjadi tidak sedap saat kita puasa.  

Baca Juga: Bantu tingkatkan imun tubuh, ini tips tenteram berolahraga kala puasa Ramadhan

Tips  mencegah bau mulut era puasa

Biar bau mulut tetap segar meski sedang berpuasa, ada beberapa tips mudah mencegah bau mulut yang bisa Anda terapkan:  

1. Menggosok gigi secara teratur dan berkumur dengan obat kumur. Obat kumur bisa membantu membersihkan liang mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.  

2. Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss untuk membersihkan sisa sasaran.

3. Pakai penyuci lidah untuk membersihkan bertopang. Sisa-sisa makanan bisa menempel pada lidah yang menimbulkan bau mulut.  

4. Mengkonsumsi air yang cukup sekitar 1, 5 hingga 2 liter tiap harinya sehingga mulut tak terlalu kering.  

5. Hindari makan sasaran yang berbau tajam serupa durian saat berbuka atau sahur.  

enam. Perbanyak makan sayur serta buah-buahan serta mengurangi makanan yang mengandung banyak gula.

gong2deng –>

Editor: Tiyas Septiana