Kasus harian Covid-19 di Indonesia menanjak, kapan gejala virus corona mulai muncul?

September 1, 2020 by No Comments

KONTAN.CO.ID – Kasus virus corona baru di Indonesia dalam tren menanjak. Dalam enam hari terakhir, jumlah infeksi harian di atas 2.700 kasus. Kenali gejala virus corona.

Pada umumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, gejala virus corona mulai muncul sekitar lima hingga enam hari setelah terpapar Covid-19.

“Tetapi, waktu kemunculan gejala Covid-19 dapat berkisar dari 1 hingga 14 hari,” kata WHO dalam situs resminya. 

WHO mencatat, gejala virus corona yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. 

Baca Juga: Muncul happy hypoxia, berikut 11 gejala virus corona menurut WHO

Sementara gejala virus corona lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, serta perubahan warna jari tangan atau kaki. 

“Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Beberapa orang menjadi terinfeksi tetapi hanya memiliki gejala ringan,” ujar WHO.

Menurut WHO, virus corona terutama menyebar melalui percikan saluran pernapasan yang dikeluarkan oleh seseorang yang batuk atau memiliki gejala lain, seperti demam atau rasa lelah.

Banyak orang yang terinfeksi virus corona hanya mengalami gejala ringan, terutama pada tahap-tahap awal. Karena itu, Covid-19 bisa menular dari orang yang hanya bergejala ringan, seperti batuk ringan, tetapi merasa sehat.

Baca Juga: Pasien Covid-19 pria lebih banyak meninggal dibanding wanita? Cek faktanya

Isolasi mandiri

Editor: S.S. Kurniawan