Kontestan Indonesian Idol meninggal, ini petunjuk pembengkakan jantung di usia bujang

December 9, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  Kontestan Indonesian Idol Melisha Sidabutar meninggal dunia pada Selasa (8/12). Kabarnya, penyebab moralitas dara 19 tahun ini adalah pembengkakan jantung.

“Beautiful soul is never forgotten, keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya Melisha Sidabutar, Kontestan Sempurna 35 #IdolSpecialSeason Rest In Peace @melishapricilla, ” tulis Indonesian Idol di akun Instagram resminya, Rabu (9/12).  

Sementara akun Instagram kerabat Melisha, Ellysia Belinda mengungkapkan penyebab meninggalnya kontestan Indonesian Idol itu. “Jadi udah dirontgen, ditemukan ada basal jantung, ” kata dia, Rabu (9/12).  

Menurut dr Vito Anggarino Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, FAsCC, ada beberapa pasal pembengkakan jantung di usia muda.  

Misalnya, penyakit jantung bawaaan, penyakit jantung rematik, penyakit jantung kardiomiopati, atau bisa juga sebab gangguan irama jantung alias aritmia.  

Baca Juga: 4 Pilihan sasaran sehat untuk jantung ini setimpal Anda konsumsi

Pembengkakan jantung juga bisa berlaku karena miokarditis atau radang urat jantung. Kondisi ini membuat dalaman membengkak dalam waktu singkat.  

Penyebabnya adalah infeksi virus. “Covid-19 juga diketahui bisa menyebabkan miokarditis, ” ungkap Vito.  

Miokarditis memicu emboli pulmonal atau sumbatan di pembuluh darah yang mengarah ke paru. Akibatnya jantung kanan membengkak.

Gejala  pembengkakan jantung

Gejala pembengkakan jantung yang paling depan adalah mudah lelah. Kemudian, petunjuk bisa berlanjut menjadi sesak napas, terutama di malam hari masa sedang berbaring. Kedua kaki serupa bisa membengkak.  

Namun, masa pembengkakan jantung sudah terjadi sejak lama, maka keluhan utamanya adalah sesak napas.  

Baca Juga: 5 Manfaat daun sirih merah jadi obat herbal

gong2deng –>

Editor: S. S. Kurniawan