Kurangi bepergian ke luar rumah, Eko Endarto: Siapkan masker seperlunya

October 8, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Utamakan protokol jaga jarak ataupun social distancing , Perencana Keuangan sekaligus Founder Finansia Consulting Eko Endarto memilih untuk dirumah saja. Alhasil, kebutuhannya untuk menggunakan masker juga cenderung minim.

“Selama ini saya pakai kedok kain. Tapi, saya jarang muncul rumah kalau enggak terpaksa sekadar, dan biasanya enggak jauh sebab tempat tinggal, ” kata Eko kepada Kontan. co. id, Rabu (7/10).

Adam yang tinggal di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) ini mengiakan sudah enam bulan tidak bepergian jarak jauh, bahkan ke Jakarta sekalipun. Selama masa pandemi, hampir kebanyakan kegiatan dan pekerjaannya dikerjakan secara daring atau online.

Zaman menyambangi tempat umum, Eko memutuskan untuk menggunakan masker medis. “Saya juga sudah stok masker medis cukup, mumpung terjangkau, ” ungkapnya.

Baca Juga: Cegah penularan corona, itu masker pilihan direktur Panca Budi Idaman (PBID)

Eko juga menjelaskan, alasannya untuk memilih masker medis lebih sebab fungsinya. Sebagaimana diketahui, masker medis atau masker bedah memiliki kekuatan untuk menyaring risiko terpapar Covid-19 antara 80% hingga 95%.

“Pertimbangannya, pembelian masker biasanya dilihat sejak kemampuan untuk menyaring. Kalau masker medis kan tertulis jelas di bungkusnya, ” ungkapnya.

Sedangkan jika keluar rumah menggunakan mobil pribadi, Eko memilih untuk menggunakan masker kain.  

Asal tahu selalu, belum lama muncul imbauan bahwa penerapan masker scuba, buff dan kain dianggap tidak efektif untuk menangkal Covid-19. Untuk itu, beberapa tempat umum seperti area Conmutter line (KRL), MRT dan pusat perbelanjaan melarang pengguna scuba, buff & masker kain untuk memasuki areanya.

Menyikapi kabar terkait masker dengan lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI), Eko mengaku akan mengikuti ketentuan selama itu memang diharuskan ataupun diwajibkan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

gong2deng –>

Editor: Herlina Kartika Dewi