Laba rebusan jahe, serei dan gula merah, dari cegah kanker, bangkit, diabetes dll

September 17, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – Jakarta. Serai atau sereh & jahe adalah rempah-rempah yang berfaedah bagi kesehatan tubuh. Air rebusan jahe dan serai dianggap mampu membantu meredakan berbagai penyakit. Supaya lebih lezat, kita pun mampu menambahkan gula merah ke di dalam campuran tersebut.

Manfaat rebusan jahe, serai, dan gula merah antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, hingga membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat rebusan serai dan jahe sudah digadang-gadang sejak dahulu kurun. Namun, biasanya klaim tersebut cuma didasarkan pada cerita turun-temurun.

Ternyata secara keilmuan, manfaat jahe maupun serai selalu bisa dibuktikan. Berikut ini kaum manfaat jahe dan sereai bagi kesehatan yang bisa didapatkan apabila kita mengonsumsi keduanya.

1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Manfaat jahe & serai bisa mencegah penyakit berbahaya karena keduanya merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ialah senyawa yang dapat melindungi awak dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti aib jantung, kanker, atau penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson

Baca juga: Lelang mobil dinas Kemensos, Avanza 2007 harga Rp 60-an juta, ada 2 opsi

2. Meredakan peradangan di tubuh

Minum air rebusan serai dan jahe juga mampu membantu meredakan peradangan di awak, karena keduanya memiliki sifat antiinflamasi. Inflamasi atau peradangan biasanya berlaku akibat infeksi bakteri, pola prasmanan yang kurang sehat, hingga alergi.

3. Mengobati mual

Jahe sudah semenjak lama digunakan sebagai obat mual alami. Sehingga saat merasa bangkit dan ingin muntah, tidak tersedia salahnya mengonsumsi air rebusan jahe dan serai.

4. Menata pencernaan

Minum air rebusan serai bisa menolong meredakan sakit perut, kram lambung, maupun masalah pencernaan lainnya. Menurut penelitian, serai juga baik buat mengatasi tukak lambung dan menyembunyikan lapisan lambung dari kerusakan.

5. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi air rebusan serai secara rutin dinilai mampu membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Jika tensi darah Anda merupakan 135/85, maka tekanan sistoliknya merupakan 75.

Namun, orang yang punya riwayat penyakit jantung sebaiknya tak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, minuman ini bisa memperlambat detak dalaman, sehingga berpotensi memicu gangguan bunga.

gong2deng –>

Editor: Teradat Wikanto