Langgeng aman makan di restoran saat pandemi corona

October 18, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Rumah makan dan restoran merupakan salah satu tempat berisiko penularan Covid-19.

Terbukti, selama pandemi meruyak, ada banyak rumah makan dan restoran di berbagai kawasan di Indonesia menjadi klaster transmisi wabah asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Maraknya penularan wabah tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran, baik pengunjung maupun pengelola restoran dalam menerapkan protokol kesehatan.

Longgar dalam menerapkan protokol kesehatan tubuh, misalnya, KONTAN dapati saat singgah ke sate kambing di Depok, Jawa Barat belum lama tersebut.

Tidak ada pemeriksaan suhu awak, kewajiban memakai masker maupun celik jarak. Tempat mencuci tangan, tidak banyak disediakan. Padahal, Depok merupakan zona merah penyebaran wabah Covid-19.

Beda dengan restoran di kepala yang umumnya menerapkan protokol sempit. “Resto di mal sudah menerapkan protokol ketat, ” ujar Emil Arifin, Wakil Ketua Umum Bidang Restoran Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Hal ini bahasa dengan terbitnya Pergub DKI Jakarta Nomor 101 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Kaidah Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 9 Oktober 2020.

Di sisi lain, tren masyarakat dahar di luar pastinya juga meningkat seiring dimulainya kembali aktivitas kantor. Tentu, pengunjung juga harus mengindahkan protokol demi mencegah penularan.

gong2deng –>

Editor: Havid Vebri