​ Merasa insecure? Inilah jenis2 insecure yang perlu diketahui

April 1, 2021 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  Insecure adalah perasaan tidak sanggup, tidak cukup baik, kecemasan dan membuat seseorang ngerasa tidak aman.  

Sebenarnya perasaan tidak damai atau insecure bisa dialami oleh setiap orang & normal terjadi. Namun, untuk sebagian orang lain insecure bisa terjadi terus-menerus.  

Pengantara insecure pun bermacam-macam yaitu dari peristiwa traumatis, kedudukan sosial atau lingkungan lokal seperti sekolah, tempat kegiatan, atau rumah.

Jenis-jenis insecure

Dirangkum dari laman WebMD, berikut jenis2 insecure yang bisa terjadi pada seseorang:

1. Insecure dalam ikatan

Salah satu jenis insecure yang paling umum berkaitan dengan ikatan atau “keterikatan”.

Prinsip keterikatan berawal dari memper pola keterikatan pada bani usia dini dengan ragam hubungan dan harapan dalam kemudian hari.

Ketika “sosok keterikatan” seorang budak, sering kali orang primitif atau wali, tidak mampu diandalkan atau mendukung bujang tersebut, maka anak sering merasa tidak aman ataupun insecure .  

Anak lalu membentuk citra diri yang negatif dan mengalami tekanan emosional yang lebih gede di kemudian hari.

Insecure dalam hubungan tidak kudu dimulai pada masa bocah. Insecure jenis ini bisa muncul pada seseorang zaman berhubungan dengan orang terdekat mereka.

Baca Juga: Ingat, 3 kegiatan ini dilarang meski sekolah tatap muka sudah dilaksanakan  

2. Insecure dalam pekerjaan

Insecure pada pekerjaan terjadi ketika Anda cemas tentang kelanjutan order Anda atau tentang makna tertentu yang melekat pada pekerjaan Anda.

Kejadian ini dapat dipicu sebab kecemasan atas kinerja order Anda sendiri atau kebingungan atas faktor-faktor di luar kendali Anda, seperti ekonomi, tren industri, konflik wadah kerja, atau bahaya restrukturisasi atau kegagalan perusahaan.

3. Insecure dalam citra tubuh

Salah satu pasal munculnya rasa insecure dengan paling umum adalah tentang citra tubuh.  

Banyak orang merasa tak aman atau insecure mengenai penampilan mereka dan mempertanyakan apakah mereka memiliki cermin tubuh ideal seperti dengan diharapkan oleh beberapa orang.

4. Gangguan kebingungan sosial 

Jenis rasa insecure lainnya  adalah cara seseorang dipandang oleh teman-teman mereka & bagaimana berinteraksi dengan mereka.  

Rasa tak aman ini bisa berkembang menjadi gangguan kecemasan baik atau fobia sosial yang parah.

gong2deng –>

Editor: Virdita Ratriani