Pantas diare? Ini makanan dan minuman yang wajib Anda hindari

November 2, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID -JAKARTA. Anda sedang menderita diare? Anda sebaiknya menghindari makanan di bawah ini agar murus tidak semakin parah.  

Murus, salah satu masalah kesehatan dengan umum diderita masyarakat tanah air. Diare tidak bersifat menular, tapi penderita diare harus segera dikasih perawatan.    

Penyebab diare cukup beragam bisa sebab infeksi bakteri, alergi, atau tidak cocok makanan dan minuman terbatas.  

Baca Pula: Berikut jus pokok dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Seseorang yang menderita mencirit disarankan untuk banyak minum cairan. Hal ini penting untuk melestarikan tubuhnya tetap terhidrasi.  

Penanggung diare disarankan untuk menghindari kira-kira jenis makanan agar diare segera sembuh.  

Berikut beberapa macam makanan yang harus dihindari saat diare:  

1. Makanan berlemak dan gorengan

Dilansir dari Everyday Health, sasaran tinggi lemak dan gorengan mampu memperparah diare. Untuk itu, hindari makanan berlemak dan gorengan zaman diare.  

Selama diare dan kondisi perut belum nyaman, pilih makanan yang lunak dan mudah-mudahan dicerna. Menurut Cleveland Clinic, kurang asupan yang baik dikonsumsi era diare antara lain sup ayam, bubur atau nasi, dan pisang.  

2. Susu, mentega, es krim, keju

Sasaran yang harus dihindari saat murus lainnya adalah susu dan keluaran susu.  

Kendati tidak mempunyai riwayat alergi laktosa, namun era diare seseorang jadi sulit memahami laktosa dalam susu dan keluaran turunannya.  

Saat diare, hindari susu dan produk olahannya bagaikan mentega, es krim, dan keju. Pengecualian produk susu yang dapat diminum saat diare adalah yoghurt.  

Yoghurt diperkaya probiotik. Zat tersebut dapat menjaga keseimbangan bakteri di usus, sehingga bisa membangun mengatasi diare.  

3. Alkohol, soda, asupan berkafein

Saat diare, Anda sepatutnya menghindari segala jenis makanan & minuman yang bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Pada antaranya alkohol, soda, teh, jiplakan, cokelat, dll.  

Minuman beserta makanan tersebut bersifat diuretik atau bisa membuat seseorang sering pipis.

4. Minuman dan sasaran dengan pemanis buatan

Jenis minuman dan makanan dengan harus dihindari saat diare lainnya adalah asupan dengan pemanis desain. Pemanis buatan memiliki banyak nama, salah satunya sorbitol.  

Pemanis ini juga jamak digunakan sebagai pengawet makanan. Mengonsumsi banyak gula dan gula buatan saat murus dapat memperburuk masalah kesehatan itu.  
Pasalnya, gula & pemanis buatan bisa membuat usus memproduksi lebih banyak air & elektrolit. Kondisi ini bisa melonggarkan pergerakan usus dan memicu murus.

5. Makanan yang membuat kembung

Serat dari sayur dan buah memang elok dikonsumsi setiap hari. Namun, era diare sebaiknya hindari makanan kaya serat yang bisa meningkatkan penerapan gas dan bikin perut makin tak nyaman.  

Asupan makmur serat yang bisa meningkatkan penerapan gas di antaranya kubis, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol. Mengaji juga: Cara Meredakan Sakit Lambung Karena Haid 

6. Makanan yang rentan terkontaminasi kuman

Makanan yang harus dihindari saat diare lainnya adalah asupan yang mungkin telah rusak karena salah penyimpanan atau penanganan.  

Makanan tersebut rentan terkontaminasi patogen. Misalkan makanan yang disimpan gegabah dan tidak higienis.  

Hindari juga makanan yang sudah sungguh-sungguh lama berada di suhu ruangan dan aneka makanan mentah. Kalau Anda ragu-ragu makanan tersebut tak aman dimakan saat diare, sebaiknya jangan mengonsumsinya.  

Selain menghindari beberapa jenis makanan pantangan mencirit di atas, usahakan untuk minum banyak cairan. Apabila diare pas parah dan muncul tanda-tanda dehidrasi, segera cari pertolongan medis. (Mahardini Nur Afifah) 

Membaca Juga: Perhatian! Itu makanan yang harus dihindari sebab penderita tipes

 

Artikel ini telah membawa di Kompas. com dengan judul “Makanan yang Harus Dihindari Zaman Diare, Bukan Hanya Makanan Pedas”

gong2deng –>

Editor: Tri Sulistiowati