Penanggung asam urat harus menghindari penggunaan sayuran, apa benar?

December 21, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Sayur-sayuran dikenal sebagai makanan yang indah dikonsumsi agar tubuh senantiasa sehat. Namun, menurut pakar kesehatan, beberapa diantara kita dengan masalah kesehatan seperti masam urat kerap dibuat gamang semasa ingin makan sayur tertentu.  

Pasalnya, beberapa jenis sayur disebut termasuk tinggi purin alias pantangan untuk penderita asam urat. Pra penderita asam urat buru-buru tidak makan sayur karena khawatir gempuran penyakit kambuh, simak lebih dulu penjelasan berikut.  

Purin dan masam urat 

Dilansir dari Live Strong , purin sebenarnya bukan momok bagi kesehatan. Dalam kondisi umum, asam urat bisa larut di darah lalu mengalir ke ginjal dan keluar dari tubuh menggunakan urine. Tapi, kadar purin yang berlebihan dapat meningkatkan asam serat dalam darah.  

Saat masam urat tinggi, ginjal kesulitan mengutarakan zat ini dari dalam awak. Kondisi ini dapat memicu pendirian kristal asam urat. Kristal tersebut mirip seperti jarum yang mampu menumpuk di sendi atau jaringan tubuh. Kristal asam urat yang menumpuk di sendi dapat menyebabkan gout.  

Mengucapkan Juga: Cegah pukulan asam urat, ini makanan yang perlu dikonsumsi penderita

Sedangkan, kristal asam jalur yang menumpuk di ginjal memicu batu ginjal. Penumpukan kristal asam urat di sendi atau gout menyebabkan sendi meradang dan terasa sakit. Untuk mencegah serangan masam urat kambuh, penderita perlu melayani diet rendah purin atau menghindari makanan pantangan asam urat dengan tinggi purin.

gong2deng –>

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie