Selain 3M, Berikut ini Tips Melestarikan Kesehatan Paru-Paru di Era Pandemi Covid-19

December 26, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Kasus penularan virus corona (Covid-19) melesat dengan cepat, berbanding betul dengan bertambahnya daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan, penambahan total testing dan momentum libur lama. Lewat siaran pers Jumat (25/12), Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti sifat kepatuhan protokol kesehatan di bangsa yang mengendur.

Menurut data awak Satgas, kenaikan tertinggi kasus aktif dalam waktu yang tersingkat, terjadi pada periode bulan November maka Desember. Kasus aktif meningkat dua kali lipat hanya dalam periode 1 bulan, dari 54. 804 menjadi 103. 239 kasus.

Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan & menjaga jarak, harus dipatuhi betul oleh masyarakat. dr. David Ridarwan Liunanda, SpP, dokter spesialis paru (Pulmonologi) dari Mayapada Hospital tahu, 3M juga sangat penting supaya semaksimal mungkin, potensi masuknya virus  Covid-19 ke tubuh manusia bisa diminimalisir.

Selain itu, David pula mengingatkan asupan makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. “Pada dasarnya makanan yang menyehatkan tubuh bakal membuat paru juga sehat, supaya sanggup melakukan perlawanan terhadap keanehan yang terjadi termasuk infeksi paru (COVID-19, TB  dll), ” terang  David  kepada KONTAN, Senin (21/12).

Kepada KONTAN, David  lantas menganjurkan sejumlah tips kesehatan bagi Kamu guna meningkatkan imunitas tubuh serta juga kesehatan paru-paru kala melewati masa pandemi Covid-19 ini.

satu. Pola tidur 
Guna meningkatkan imunitas tubuh, David menyarankan model tidur yang cukup, yakni 6 jam hingga 8 jam bohlam hari.

2. Olahraga
Berikutnya adalah rutin berolahraga. David merekomendasikan Anda berolahraga 30-60 menit, sedikitnya 1x dalam seminggu. Jenis gerak seperti bersepeda, jogging, berenang bisa Anda lakukan, namun dengan menerapkan protokol menjaga jarak.

3. Asupan air
Jangan lupa meluluskan asupan air yang cukup bagi tubuh. Hitungan David, Anda setidaknya mengkonsumsi air berkisar 30 cc hingga 40 cc per kilogram berat badan.

4. Makanan segar
Tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan adalah mengkonsumsi makanan sehat (nasi, daging, sayur, buah, susu) yang cukup dan tertib. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi multi vitamin, seperti vitamin dengan kandungan lengkap (A, B, C, D, E, mineral).

5. Tidak merokok
Tidak merokok aktif ataupun pasif baik yg konvensional maupun rokok elektrik, hindari menghirup asap dan bahan kimia yg berbahaya (menyemprot cat, asap knalpot, mengobarkan sampah, serbuk logam pada pelaku tukang las dll), kalaupun karena pekerjaan harus pakai alat penjaga,

6. Mengatasi komorbid (penyakit penyerta)
Satu hal lain dengan perlu diperhatikan adalah mengatasi komorbid atau penyakit penyerta seperti sakit melitus, hipertensi, dislipidemi, dan asing sebagainya. Seorang dengan komorbid, berisiko mengalami kondisi lebih parah masa terinfeksi virus corona (Covid-19).

Menjaga kesehatan paru-paru

David juga tahu, bagi pengidap asma harus mengindahkan kebersihan dari debu, asap (rokok,   dll), bahan-bahan berbahaya, berobat dan kontrol teratur untuk memperhitungkan kemajuan asma.

“Asma yang tak terkontrol akan menurunkan pertahanan paru melawan infeksi termasuk Covid-19, ” kata David.

gong2deng –>

Editor: Yuwono triatmojo