Semacam cuci tangan, bisakah gosok gigi mencegah corona?

October 21, 2020 by No Comments

LANGSUNG. CO. ID – Jakarta. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih menjadi satu diantara protokol kesehatan mencegah corona. Sebanding seperti mencuci tangan, gosok gigi juga menggunakan bahan yang mendatangkan busa. Apakah gosok gigi mampu mencegah corona?

Jumlah kasus nyata corona terus bertambah setiap keadaan.   Meningkatnya kasus infeksi Covid-19 di beberapa negara masih membentuk pertanyaan tentang cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Kita -sejak awal, sudah diperkenalkan dengan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menjaga jarak sedikitnya dua meter, dan memakai kedok wajah, untuk melindungi diri sejak Covid-19. Di sisi lain, kurang ahli menyarankan, menjaga kebersihan menduri juga berperan penting dalam menghalangi penyebaran virus.

Bahkan secara khusus, dokter-dokter gigi merekomendasikan untuk melipatgandakan aktivitas menyikat gigi. Setidaknya, di setiap kali hendak pergi dari panti, demi mencegah corona. Sebab, diyakini sebagian besar pasta gigi serta obat kumur mengandung deterjen dengan kualitas antivirus.

Baca pula:   UEFA Champion League dimulai, hadiahnya dipastikan lebih kecil

Kandungan tersebut mirip secara pembersih tangan yang bisa menghalangi virus corona. Namun, apakah dengan meningkatkan frekuensi menyikat gigi di setiap hari benar-benar membuat perbedaan buat mencegah vorus corona?

Penyebaran virus melalui droplet National Health Service (NHS) di Inggris menyatakan, virus SARS-COV-2 menyebar dengan cara yang hampir sama seperti flu pelik, yakni melalui droplet dari batuk darah dan bersin orang yang terkena. Penularan juga dapat terjadi masa orang yang terinfeksi virus mengenai permukaan benda yang biasa digunakannya.

Sikat gigi cegah corona

Menurut guru besar kedokteran gigi di Universitas Bristol, Inggris, Martin Addy, menyikat geraham setiap kali  meninggalkan rumah mampu membantu mencegah corona. Sebab, virus paling sering disebarkan oleh salvia dan droplet dari batuk ataupun pun berbicara.

Maka, pasta geraham atau obat kumur yang menyimpan deterjen bisa membunuh kuman pra mereka sempat berpindah. “Tindakan antimikroba pasta gigi di mulut berlangsung selama 3-5 jam, dengan begitu akan mengurangi infeksi oleh virus yang memasuki mulut, ” sirih dia kepada The Telegraph.

“Waktu menyikat gigi harus difokuskan kala akan keluar rumah. Idealnya, saluran menyikat gigi dilakukan secara rutin” sambung dia.

Lalu Michael Lewis, profesor pengobatan mulut dari Cardiff juga setuju kalau membersihkan geraham bisa menekan penyebaran virus corona. “Penelitian menunjukkan, kebersihan mulut yang buruk dapat mempengaruhi terjadinya infeksi saluran pernapasan, ” ujar Lewis.

“Ini sangat relevan dengan pandemi Covid-19 ini, sehingga masyarakat perlu mengapresiasi manfaat kebersihan mulut yang baik, ” lanjut dia.

gong2deng –>

Editor: Adi Wikanto