Tes deteksi corona di Jakarta kian masif, tes PCR mencapai 4. 181 dalam sehari

July 4, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta makin massif melakukan pengetesan virus corona di Jakarta.

Besar Bidang Sumber Daya Kesehatan, Jawatan Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati  melaporkan secara kumulatif, hasil pemeriksaan Polymerase chain reaction (PCR) corona di Jakarta sampai dengan Kamis 2 Juli 2020 sebesar 323. 988 sampel.  

Pada 2 Juli 2020, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan tes PCR corona di Jakarta kepada 4. 181 orang.

Hasilnya sebanyak 3. 447 diantaranya dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus baru corona di Jakarta, dengan hasil 144 tentu dan 3. 303 negatif.  

Sementara itu total pemeriksaan segera atau rapid test corona di Jakarta hingga Kamis 2 Juli 2020 total sebanyak 243. 010 orang. Rerata hasil pemeriksaaan secara persentase positif Covid-19 sebesar 3, 5%.

Perincian hasil rapid test corona di Jakarta adalah sebanyak 8. 449 orang dinyatakan reaktif Covid-19 dan 234. 561 karakter dinyatakan non-reaktif.  

Untuk kejadian hasil rapid test positif, sudah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab dengan PCR corona di Jakarta.

Jikalau hasilnya tetap positif, maka dikerjakan rujukan ke Wisma Atlet atau Rumah Sakit rujukan corona di Jakarta maupun melakukan isolasi dengan mandiri di rumah.

Menurut Ani Ruspitawati, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah meningkatkan kapasitas penyeliaan corona di Jakarta menggunakan kaidah RT-PCR

Salah satu upaya penambahan pemeriksaan corona di Jakarta antaralain dengan membangun Laboratorium Satelit Covid-19, berlokasi di sebagian lahan Sendi Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu Jakarta Selatan dan RSKD Duren Sawit Jakarta Timur semenjak 9 April 2020.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga membangun kerjasama penjagaan corona di Jakarta dengan jejaring sebanyak 45 laboratorium pemeriksa Covid 19 di wilayah DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu Kepala Tempat Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati juga menyampaikan bahwa jajaran Negeri Provinsi DKI Jakarta juga tentu melakukan pengawasan ketaatan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan corona di Jakarta.  

Pemantauan ketaatan protokol kesehatan tubuh ini dilakukan diberbagai tatanan, serupa mall, objek wisata, pasar, check point Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) Wilayah DKI Jakarta, bersama dengan tim terpadu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) corona di Jakarta.

SELANJUTNYA> > >

gong2deng –>

Editor: Syamsul Azhar