Tidak merupakan hanya kotoran, ini penyebab telinga gatal

November 12, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Meski tak berbahaya, telinga gatal menyebabkan rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa penyebab rasa gatal pada telinga yang perlu Anda perhatikan. Dengan begitu, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Infeksi Telinga

Infeksi bakteri dan virus bisa menyebabkan rasa gatal pada telinga Anda. Medical News Today (medicalnewstoday. com) mengatakan, hal tersebut berhubungan dengan penyakit flu dan pilek. Infeksi telinga kronis bisa terjadi kembali dan Anda membutuhkan pertolongan medis untuk menyembuhkannya.

Telinga Kering

Telinga kering atau dry ear adalah penyebab telinga gatal lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan. Minyak atau earwax dihasilkan oleh telinga untuk menjaga kebersihan. Saat Anda membersihkan kotoran telinga terlalu sering, minyak alami yg dihasilkan telinga akan hilang.

Akibatnya, telinga menjadi kering dan nampak rasa gatal. Namun, ada pula kasus di mana seseorang tak menghasilkan earwax yang cukup. Biasanya, hal itu ditandai dengan kulit kering di sekitar telinga.

Baca Juga: Ini bahaya bersihkan telinga oleh korek kuping

Alergi Makanan

Tahukah Anda bahwa alergi makanan juga dapat menyebabkan rasa gatal di telinga? Beberapa jenis makanan yang biasanya menimbulkan alergi dan rasa gatal adalah susu, ikan, kacang kedelai, dan lain sebagainya.

Rasa gatal di telinga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, misalnya wajah. Andai Anda kesulitan untuk bernapas pula, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat terkait alergi yang Anda miliki.

Penumpukan Kotoran Telinga

Kotoran telinga yang menumpuk dapat menimbulkan rasa gatal dan mengurangi kemampuan pendengaran seseorang. Cara membersihkan yang kurang betul bisa memperparah penumpukan karena kotoran akan semakin masuk ke dalam telinga.

Baca Juga: 4 Cara merawat telinga agar tetap sehat

Saat hal itu terjadi, bakteri bisa terperangkan sehingga infeksi pun terjadi. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, pastikan untuk membersihkan telinga menggunakan alat lalu cara yang aman.

Masalah Kulit

Healthcare News Today mengatakan bahwa masalah kulit bisa jadi penyebab telinga gatal selanjutnya. Selain menyebabkan rasa gatal, kulit di area telinga bisa meradang, berwarna merah, lalu bersisik. Beberapa masalah kulit yang menimbulkan kondisi itu adalah hautentzündung, eksim, psoriasis.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda