Tips tetap aman dari penularan virus corona selama bekerja

July 19, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Juru Bicara Negeri untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto menyampaikan pentingnya menerapkan aturan kesehatan dan kebiasaan baru era bekerja untuk mencegah penularan virus corona.

Pastikan diri Anda pula disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, rajin cuci lengah menggunakan sabun dan air, dan menjaga jarak dengan orang asing.

Selain menjaga jarak selama di transportasi umum, usahakan untuk tidak melepas masker, tidak berbicara, tidak prasmanan, dan tidak minum karena hal-hal tersebut cukup beresiko penularan virus corona.

“Kasus konfirmasi positif tanpa gejala atau asimtomatik bisa menjelma sumber penularan, maka dari memakai masker, menjaga jarak, diupayakan buat tidak berbicara selama berada pada kendaraan umum, tidak makan serta tidak minum, ini menjadi istimewa, ” kata Yuri.

Baca Juga: Trik paling aman pergi nge-gym era pandemi corona

Kondisi kesehatan pegawai juga diperhatikan. Yuri mengimbau agar pegawai yang benar-benar sehat saja yang diperbolehkan masuk kantor. Jika pegawai mempunyai keluhan fisik, disarankan untuk menyala dari rumah.

Selama di dewan, pastikan pula untuk selalu menggunakan fasilitas umum, seperti lift atau tangga, sesuai dengan ketentuan adaptasi baru. Batasi kapasitas pengguna pada satu waktu agar tidak menjadi sumber penularan yang tidak disadari.

Yuri menekankan tentang efektivitas dan efisiensi rapat selama pandemi corona. Pastikan semua peserta rapat betul-betul sehat. Jumlah peserta rapat harus disesuaikan dengan kemampuan ukuran ruang rapat agar tetap bisa mengarahkan protokol kesehatan berupa physical distancing.

Batasi durasi rapat hingga tak lebih dari 30 menit. Bila bahasan rapat cukup banyak, hal tersebut bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Tak hanya itu, pastikan tidak ada makanan atau minuman yang terhidang selama rapat.

Situasi itu dilakukan agar tidak ada kesempatan bagi peserta rapat buat melepas masker. Jika ada pengikut yang memang harus melepas kedok, jaga jarak dengan tidak menentang peserta rapat yang lain.

Sirkulasi udara di ruang rapat harus diperhatikan pula. Jangan sampai sirkulari udara yang buruk menjadi penyebab penularan virus corona di antara peserta rapat. Yuri juga tahu bahwa kebersihan ruangan dan perlengkapan rapat harus tetap dijaga.

Yuri mengatakan, teliti dalam melaksanakan kegiatan agar terbebas dari virus corona selama bekerja. “Ingat, di panti ada anggota keluarga yang rentan, ada anak-anak yang masih mungil, ada orangtua yang sudah berumur lanjut, ada saudara dengan keburukan kronis lainnya. Mereka bisa terdampak dan bisa fatal akibatnya. ”

Baca Juga: 3 sumber makanan yang mengandung vitamin E

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda