Urusan corona di Indonesia tembus 100. 000, kenali lagi seluk-beluk Covid-19

July 28, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Kejadian virus corona baru di Indonesia menembus angka 100. 000 di dalam Senin (27/7). Infeksi Covid-19 dalam negara kita masih dalam tren menanjak.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda kasus virus corona di Indonesia akan menurun. Apalagi, sejak 2 Juli lalu, infeksi baru di tanah Air rata-rata di atas 1. 500 peristiwa per hari.

Di tengah angka infeksi yang masih agung, dan berpeluang lebih tinggi sedang, ada baiknya mengenal kembali virus corona baru, mulai pengertian, isyarat, hingga bagaimana penyebarannya.

Melansir situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut seluk-beluk virus corona pertama yang sudah merenggut nyawa lebih dari 4. 900 orang di Indonesia hingga Selasa (28/7):      

Baca Juga: Mitos serta fakta tentang corona yang harus Anda tahu, menurut WHO

Pengertian virus corona

Menurut WHO, virus corona adalah keluarga gembung virus yang bisa menyebabkan keburukan pada hewan atau manusia. Dalam manusia, beberapa virus corona menjadikan infeksi pernafasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang bertambah parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).  

Virus corona yang paling baru menimbulkan penyakit yang WHO beri nama coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Pengertian Covid-19

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan virus corona yang paling pertama ditemukan. Virus dan penyakit anyar ini tidak diketahui sebelum epidemi bergulir di Wuhan, China, pada Desember 2019.  

Sekarang, Covid-19 menjadi pandemi yang menyerang penuh negara secara global, yang telah menginfeksi lebih dari 16, 5 juta orang dan menewaskan bertambah dari 645. 000 orang di seluruh dunia.

Mengaji Juga: WHO: Pandemi corona adalah darurat kesehatan ijmal terburuk yang pernah kami hadapi

Isyarat Covid-19

gong2deng –>

Editor: S. S. Kurniawan