Urusan Covid-19 di Indonesia rekor teristimewa, ini perbedaan virus corona mutakhir dan virus flu

November 29, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  Kasus harian virus corona di Indonesia kembali mencetak rekor tertinggi. Ingat, ada  perbedaan antara virus corona baru dan virus flu

Infeksi virus corona pada Minggu (29/11) sebanyak 6. 267 ialah peningkatan kasus harian tertinggi di Indonesia. Tambahan kasus baru tersebut mengantarkan total infeksi di negeri kita menjadi 534. 266 kejadian.

Saat pandemi virus corona baru terus berkembang, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengutarakan, banyak orang yang menarik ke perbandingan dengan virus penyebab flu.  

WHO menyatakan, virus corona baru dan virus flu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan. Namun, ada perbedaan penting antara kedua virus tersebut dan cara penyebarannya.  

“Ini memiliki implikasi penting untuk langkah-langkah kesehatan masyarakat yang dapat dilaksanakan untuk menanggapi setiap virus, ” kata WHO dalam laman resminya.

Baca Selalu: Kasus virus corona di Indonesia rekor lagi, tersebut 15 gejala virus corona patuh WHO

Apa keserupaan virus corona baru dan virus flu?

Menurut WHO, ada perut persamaan antara virus corona anyar dan influenza, yakni:

  • Virus corona baru dan virus flu  memiliki gejala penyakit yang seragam. Artinya, keduanya menyebabkan penyakit pernapasan, mulai dari asimtomatik atau mudah hingga parah dan menyebabkan mair.
  • Kedua virus menular melalui kontak, titik, dan fomites. Sehingga, tindakan kesehatan masyarakat untuk mencegah infeksi pula sama.   Misalnya, menjaga kejernihan tangan dan etika pernapasan dengan baik, seperti menutup mulut zaman batuk dengan siku tangan ataupun tisu.

Barang apa perbedaan virus corona baru & virus flu?

WHO menuturkan, kecepatan penularan merupakan poin istimewa perbedaan antara kedua virus itu.  

Flu memiliki masa inkubasi atau waktu dari infeksi hingga muncul gejala yang lebih hina dibanding virus corona baru. Begitu juga dengan interval serial atawa waktu antara kasus berturut-turutnya.  

Interval serial untuk virus corona baru sekitar 5-6 hari. Sedangkan untuk virus influenza, interval serialnya adalah 3 hari. Artinya, influenza bisa menyebar lebih cepat lantaran virus corona baru.

Penularan dalam 3-5 hari pertama penyakit, atau kemungkinan penularan virus sebelum tampak gejala, merupakan pendorong utama transmisi flu.  

Sebaliknya, “Kami pendidikan, ada orang yang dapat menularkan virus Covid-19 dalam 24 mematok 48 jam sebelum timbul fakta. Tapi, saat ini, hal tersebut tampaknya bukan pendorong utama penularan, ” ujar WHO.

Baca Juga: WHO: Jika hanya vaksin, tidak mau mengakhiri pandemi virus corona

gong2deng –>

Editor: S. S. Kurniawan