Yuk kenali jenis, penyebab dan isyarat kanker perut

May 17, 2020 by No Comments

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Kanker perut adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan pertumbuhan organ tak normal di perut.  

Melansir laman resmi American Cancer Society, kanker perut juga lumrah sebagai kanker lambung. Jenis kanker ini cenderung berkembang secara payah selama bertahun-tahun.  

Sebelum tumbuh menjadi kanker, lapisan dalam (mukosa) lambung pasien umumnya bermasalah. Namun, kondisi tersebut jarang menimbulkan isyarat karena sering tidak terdeteksi.  

Berikut jenis kanker perut, pengantara kanker perut, dan gejala kanker perut.  

Menangkap Juga: Harga Oreo Supreme di Indonesia jauh lebih mahal dari aslinya

Jenis kanker perut 

Terdapat beberapa jenis kanker perut atau kanker terbang. Di antaranya:  

  • Adenokarsinoma: sekitar 90% kanker perut adalah adenokarsinoma. Kanker ini berkembang dibanding sel pembentuk lapisan dalam besar (mukosa).  
  • Limfoma: kanker perut tersebut berkembang dari jaringan kekebalan tubuh di dinding perut.  
  • Tumor stroma gastrointestinal: kanker perut bisa bermula dari tumor langka yang awalnya terbentuk dari sel di dinding perut yang disebut sel interstitial Cajal.  
  • Tumor karsinoid: kanker lambung bisa berasal dari tumor penyelenggara hormon di lambung (karsinoid). Sebagian besar tumor ini tidak menjalar ke organ lain.  
  • Kanker lainnya: kanker perut juga bisa tumbuh dari jenis kanker lain, seolah-olah karsinoma sel skuamosa, karsinoma organ kecil, dan leiomyosarcoma.  

gong2deng –>

Editor: Anna Suci Perwitasari